Inilah Alasan Menyalakan Lampu Di Siang Hari Bagi Sepeda Motor

Dengan menyalakan lampu di siang hari, anda akan semakin mudah terlihat.

Setelah kewajiban menyalakan lampu disiang hari bagi sepeda motor diumumkan oleh Polri, ternyata masih saja banyak orang yang belum paham keuntungan dari menyalakan motor di siang hari. Ada yang beralasan menyalakan motor di siang hari adalah pemborosan energi, ada juga yang merasa cahaya matahari sudah lebih dari cukup untuk membuat motor terlihat oleh pengendara lain. Bahkan ada yang mengeluhkan reflektornya meleleh kepanasan karena terus terusan meyalakan lampu di siang hari.

Namun, apapun alasan untuk tidak menyalakan lampu, tetap saja, keuntungan menyalakan lampu disiang hari lebih banyak ketimbang kerugiannya. Salah satunya keselamatan diri kita sendiri.

Menyalakan lampu akan membuat kehadiran kita mudah di lihat oleh pengendara lain. Memang, jika tanpa menyalakan  lampu-pun kita masih bisa terlihat, namun dengan lampu menyala, pengendara lain hanya membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk melihat kehadiran anda.

Bandingkan kedua foto di bawah ini, mana yang menurut anda lebih gampang terlihat. Perhatikan foto dibawah dengan sekilas layaknya kita melihat spion. Motor yang mana yang jelas terlihat?

Pandangan pengendara mobil ketika melihat motor yang tidak menyalakan lampu dari spion.

Pandangan pengendara mobil ketika melihat motor yang menyalakan lampu dari spion.

Pengendara mobil atau motor pasti melihat spion hanya dalam waktu sangat singkat. Lampu yang menyala akan mempermudah pengendara lain mendeteksi kehadiran anda melalui spion. Sehingga pengendara yang melihat anda akan bisa melakukan antisipasi ketika melihat anda.

Karena seringkali pengendara motor tidak mampu diterdeteksi oleh pengendara mobil karena cepatnya motor bergerak. Sehingga tak jarang mobil dan motor saling bersenggolan.

Jelas sudah, alasan menyalakan lampu bukan sekedar aturan lalu-lintas semata. Melainkan salah satu faktor keselamatan yang seharusnya wajib dilakukan. Maka dari itu, nyalakan lampu sebelum anda celaka karena tidak terdeteksi oleh kendaraan lain.

Dan satu hal lagi, pabrik sudah mendisain lampu motor kita untuk tahan panas karena dinyalakan terus-terusan. Percayalah, saya sudah membuktikannya. Kecuali lampu anda imitasi tentunya. (*)

Ps : Foto saya ambil sendiri ketika lalu lintas macet tidak bergerak.

[ Baca lanjutan penjelasan tentang artikel ini di posting selanjutnya ]

Iklan

164 thoughts on “Inilah Alasan Menyalakan Lampu Di Siang Hari Bagi Sepeda Motor

  1. Nyala disiang hari ok2 aja tapi kalo tidak bisa dimatikan itu yang jadi masalah. Kan tiap parkir ada tulisan harap mematikan lampu agar petugas tidak silau

  2. Gak cuma siang.. Malem juga gitu..
    Klo malem hari kayaknya udah gak valid lagi lampu utama dipake buat nerangin jalan.. Soalnya lampu mayoritas jalan udah terang.. Jadi emang fungsi utama lampu (mao lampu utama ato lampu rem) adalah supaya lebih gampang keliatan..

  3. safety yes….lampu nyala terus menerus dan ga bisa dimatikan no….ada waktu dan tempat tertentu yang harus dan wajib mematikan lampu …cmiiw

  4. yg pada protes AHO, lha kalo semua parikan udah nerapin AHO mo gimana lagi??? apa mo ga beli motor gara2 AHO???

  5. Solusinya gampang, JANGAN PAKE LAMPU YG MENYILAUKAN MATA ORANG LAIN, PAKAILAH SINAR LAMPU YG MENYEJUKKAN, regulasi sinar kekuningan utk lampu utama itu udah dipikirkan agar tidak menyilaukan/menyakitkan mata, jgn pake yg kebiru2an yg pedih dimata.. *pengen ngelempar bata rasanya kalo ada menyilaukan spt itu..

      • Ini aturan ueedaaannn,,

        Sudah pernah kena tilang,gara2 ga nyadar klo lampu utama mati?,,,
        Ane mesti byar tilang 100rb utk kesalahan yg tdk disengaja, tanpa nerima alasan apapun stop kontak ane diambil,,,, baru dikasih balik stelah nunjukin sim,stnk,n duit 100rb,,, uedaaaann,,,

        Benar2 kebijakan yg tdk bijaksana,,,

        Polisi smakin byk punya alasan buat nyari duit dr kaum marginal,,,,

    • Sebenarnya yg perlu di perhatikan adalah kesehatan mata si pengemudinya…itulah sebabnya syarat membuat sim harus ada surat keterangan sehat dari dokter.. bagi sebagian org melihat nyala lampu kendaraan disiang hari malah menyilaukan dan itu sangat mengganggu konsentrasi mengemudi…bahaya juga kan?…yg senang justru polisi..kita lupa nyalakan lampu atau lampu putus dlm perjalanan, polisi yg dapat duit dari hasil tilang…

  6. menyalakan lampu motor disiang hari (cuaca terang bukan mendung) tiada guna, boros energi aja…
    kalo mau safety dalam berkendara selain menggunakan helm dan alat sebagainya..
    buat aja pembagian Jalan.. Motor sendiri, mobil sendiri.. Kaya di Jogja…
    Peraturan menyalakan lampu jg hanya berlaku dijalan2 tertentu saja… dari arah Lebak Bulus s/d kebayoran baru peraturan tsb tdk berlaku, padahal jumlah kendaraan sama padatnya…
    Aneh bukan?
    Peraturan ini hanya membuka LAHAN BARU utk PENILANG agar dpt pemasukan tambahan…

  7. kalo lihat foto jempretan anda..
    Kaca mobil anda perlu dibersihkan biar terlihat terang..
    Dan bagi pengguna mobil, gunakan Kaca mobil yg terang, jgn di lapisi kaca mobil warna gelap.
    Itu akan mengurangi penglihatan anda selaku pengendara MOBIL

    • mohon maaf sebelumnya. Foto diambil saat hujan gerimis. Kaca saya bukan kotor, melainkan terkena rintik hujan.

      Dan kaca film saya masih dibawah batas maksimal yang diizinkan Polri yaitu 40%-60%.
      Terimakasih.

      • saya rasa itu jelas kok untuk dilihat, cuma itu kan habis grimis kena air jd kurang jelas. Lagi pula itu cuma 1 motor yg nyalakan lampu jadi terlihat jelas. kalau ramai yang naik motor trus dinyalakan lampu, yang naik mobil nanti bingung lagi. Yang pasti kita harus hati2 dan perlu kesabaran

  8. alsnnya menurut gw lumayan bagus. tapi punya beberapa kelemahan.
    kalo menurut gw pribadi, sampe saat ini karena gw ngliat dari sudut pandang motor, menyalahkan lampu disiang bolong saat cerah itu pemborosan energi. kalo mobil yg make kaca film mmg bakal jd lebih gelap kalo ngeliat keluar, berarti masalahnya bukan motor dong, ya si mobil yang ga bisa ngeliat dg jelas karena efek kaca film nya. ya kalo saat hujan nyalahin lampu, itu kemungkinan besar orang akan menyadarinya sendiri bahwa itu penting.
    pertanyaan gw peratuaran nyalahin lampu disiang bolong yg cerah di jakarta itu ngikutin peraturan dinegara mana ya????(ada yang tau, apa benar sukses mengurangi tingkat kecelakaan kendaraan bermotor roda dua secara signifikan, pada siang bolong di negara yang mengadopsi peraturan tsb?)

    bbrp solusiny menurut gw, memang bener lebih baik jalur motor n mobil di pisah,jgn menggunakan kaca mobil yg bisa membuat jarak pandang berkurang, semua pihak sama2 patuhi peraturan lalu lintas yg berlku (seperti jalan di lajur kiri, n yg pasti safety driving).
    (sory kalo kepanjangan)

  9. Nyalain lampu di siang hari yang cerah gak banyak pengaruhnya apalagi sampai dibuat undang-undangnya selain pemborosan energi juga cuma nambah-nambah alasan polisi buat memeras pengendara. Yang penting perilaku berkendara yang dibenerin. Kalo nyusul cukup kasih lampu sein kalo perlu nyalakan klakson pendek sekali buat ngasih tau yang disusul.

    • ini nih org yg berpendidikan…!!! SETUJU…..!!! bunuh….bunuh….BUNUH ORANG YANG BUAT PERATURAN ITU……..BAKARRRRR…..BAKAAAAAAR HUAHAHHAAHAH…..

      • setuju,siang hari meskipun mendung sinar matahari sudah lebih dari cukup untuk menerangi,liat aja di gambar pertama,tanpa lampu huja uda keliatan jelas tuh….ngapain nyalain lampu segala,tambah mempercepat rusak bohlam juga,buang2 duit

  10. itu yang komen boros energi bla..bla..bla..

    di SMP pernah belajar hukum kekekalan energi..?

    tahu dong kalau energi tidak dapat dimusnahkan, hanya bisa berubah bentuk..

    • KAMANA ATUH KEKEKALAN ENERGI…??? SARAP….HANYA ALLAH YANG KEKAL……..ENERGI mah gua sentil dengan kuasa Allah juga MUSNAH…!!! daasar korban ILMU KAUM YAHUDI……!!!! hahahahaha…kalo loe muslim SYAHADAT lagi bung…!!!

  11. Gw dah terapin DRL dr sejak motor dateng dari dealer, 2009 awal. Sampe sekarang aki, bohlam, reflektor, sekring & kabel2 belom pernah rusak/ganti tuh..

    Di eropa & beberapa negara maju mah, bukan motor doang, mobil pun wajib DRL, coba aja liat audi/bmw baru ada lampu LED di lampu utamanya yg wajib nyala.

    Lebih boros sekian % lebih berharga drpd nyawa melayang.. Emang ada toko sparepart yg jualan nyawa org? ;p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s