Konsumsi BBM Suzuki Satria F150 Fi. Boros Kah?

Artikel pertama yang akan saya tulis tentang pengalaman menggunakan Satria F 150 Fi adalah konsumsi bahan bakarnya. Motor ini baru menjalani servis rutin pertama sebelum melakukan uji konsumsi BBM.

Sekedar informasi, berat badan saya 76 kg. Dan kondisi motor 100% standar tanpa ada modifikasi apapun. Selain itu medan jalan yang saya lalui cukup bervariasi. Mulai dari menanjak, menurun, macet, rusak dan sebagainya. Sekedar bayangan saja, rute jalan yang saya lewati hanya berkisar Pamulang, BSD, Cirendeu dan sekitarnya.

Selain itu cara saya berkendara tidak menentu, walaupun seringnya saya berkendara santai antara 50 – 60 km/jam,namun sesekali saya iseng membetot gas hingga 70 – 80 km/jam. Lebih dari itu saya tidak berani. Oh ya satu lagi, BBM yang saya gunakan adalah Pertamax.

Pengisian BBM pertama saya lakukan di kilometer 249 dengan jumlah BBM 3,33 Liter atau Rp.28.000,-. Pemakaian motor bukan untuk perjalanan jauh. Melainkan hanya untuk ke kantor, mengantar anak ke sekolah, pergi ke Indomaret dan sekali pergi meeting namun tidak jauh. Hanya di daerah Cirendeu.

Sedangkan setelah 5 hari, barulah saya mengisi penuh kembali tangki BBM dengan jumlah 3,56 liter atau Rp 29.900.

Dari sini terlihat jarak tempuh yang sudah dilalui adalah 365 – 249 = 116 Km

Jika menggunakan menggunakan rumus dan cara sederhana blogger pada umumnya untuk mengukur konsumsi BBM adalah :

Jarak Tempuh : Konsumsi BBM

berarti

(116 Km) : (3,56 Liter) = 32,6 Km/Liter

Kok boros ya? Ini jauh berbeda dengan review yang dilakukan oleh Motomaxone.com yang mengatakan uji konsumsi BBM Suzuki Satria F 150 Fi yang dilakukannya mencapai 48.3 Km/Liter. Waduh.. Dimanakah letak kesalahan saya? Apakah karena saya bekendara tanpa mematuhi kaidah Eco Riding? Apakah ada yang salah dengan teknik berkendara saya? Ah.. entahlah.. saya akan coba menguji konsumsi BBM motor ini di lain kesempatan. (*RZ)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s