[History] GSX-R750 2nd Generation (1988 – 1995)

Iklan GSX-R750 tahun 1989 (http://www.suzukicycles.org/)

Setelah kita melihat generasi awal GSX-R750 di artikel lalu, kini saya akan sedikit mencoba membahas generasi ke-2 mesin luar biasa ini. Pada rentan 1989 sampai 1996, cukup banyak perubahan yang diterapkan pada mesin ini.

GSX-R750 (J) 1988

Pada produksi 1988 ini, banyak sekali revolusi yang dilakukan pada kuda besi ini. Disain rangka baru, disain body baru dan teknologi mesin baru. Dan pada generasi inilah untuk pertama kalinya GSX-R750 mengadopsi velg berdiameter 17 inchi. Model generasi kedua ini lebih berat dari generasi awal. Namun memiliki kerangka yang lebih kokoh.

Disainnya-pun lebih dinamis ketimbang versi pendahulunya, lebih lembut namun sporty.

Untuk mesin ada sedikit perubahan dari (Bore x Stroke) 70.0 x 48.7 mm menjadi (Bore x Stroke) 73.0 x 44.7 mm.

Spesifikasi

Engine Type: 16-valve, 4-stroke, DOHC in-line four
Power: 112.00 HP (83.52 kW)) @ 11000 RPM
Torque: 74.4 N.m (54.9 ft. lbs.) @ 1 0000 RPM
Displacement: 748cc (45.64 cubic inches)
Compression: 10.9:1
Bore x Stroke: 73.0 x 44.7 mm (2.9 x 1.8 inches)
Fuel System: Carburetion
Ignition: Digital/Transistorized
Cooling System: Air-Cooled
Gearbox: 6-speed (1 down, 5 up)
Final Drive: Chain
Dry Weight: 195 kilograms (430 lb)
Seat Height: 830mm (32.7 in.)
Overall Height: 1135mm (44.7 in.)
Overall Length: 2055mm (80.9 in.)
Overall Width: 720mm (28.3 in.)
Ground Clearance: 130mm (5.1 in.)
Wheelbase: 1400mm (55.1 in.)
Front Tire: 120/70 VR-17
Rear Tire: 160/60 VR-17
Front Brakes: 320mm dual hydraulic disc
Rear Brakes: 220mm single hydraulic disc
Fuel Capacity: 5.54 gallons

GSX-R750 (K) 1989

Untuk GSX-R tahun 1989 tidak banyak perubahan kecuali body yang sedikit lebih rendah, grafis, dan knalpot.

GSX-R 750 R Spesification 1989
Overall Length: 2,055 mm (80.9 in)
Overall Width: 730 mm (28.7 in)
Overall Height: 1 100 mm (43.3 in)
Wheelbase: 1 400 mm (55.1 in)
Dry Weight: 187 kg (411 lbs)
Engine type: Air and oil-cooled 748 cc inline-4, DOHC, 16 valves. 120 hp (87,6 kW)/ 11,000 rpm, 68 Nm/ 7,000 rpm.

GSX-R750 (L) 1990

Meskipun model ini terlihat sangat mirip dengan model tahun1989, namun banyak perubahan yang terjadi. Model 1990 menampilkan perubahan pada mesin, suspensi, body, rem dan chassis. Ini adalah yang pertama kalinya GSX-R750 melengkapi diri dengan garpu terbalik (upside-down) sebagai standar baru teknologi Suzuki. Padahal Amerika Serikat mempertahankan model garpu konvensional GSX-R sampai 1991. Mesinpun dikembalikan seperti generasi sebelumnya (1989)

GSX-R 750 Spesification 1990
Overall Length: 2,070 mm (81.5 in)
Overall Width: 730 mm (28.7 in)
Overall Height: 1,135 mm (44.7 in)
Wheelbase: 1 420 mm (55.9 in)
Dry Weight: 193 kg (425 lbs)
Engine type: Air and oil-cooled 748 cc inline-4, DOHC, 16 valves. 115 hp/ 11,000 rpm.

GSX-R750 (M) 1991

Bobot motor produksi tahun 1991 ini bertambah 15kg. Fitur yang paling menonjol dari “M” adalah faired dalam lampu depan dan hidung miring, keduanya dirancang untuk membentuk aerodinamis yang lebih baik. Jok leboh lebar, dan lampu belakang juga memiliki disain baru.

GSX-R 750 Spesification 1991
Overall Length: 2,070 mm (81.5 in)
Overall Width: 730 mm (28.7 in)
Overall Height: 1,135 mm (44.7 in)
Wheelbase: 1 420 mm (55.9 in)
Dry Weight: 208 kg (458 lbs)
Engine type: Air and oil-cooled 749 cc inline-4, DOHC, 16 valves. 116 hp (84.7 kW)/11,000 rpm.

GSX-R750 (N) (WN) 1992

Model tahun 1992 ini sama dengan model tahun sebelumnya. Hanya berbeda pada grafis. Teknologi pendingi air juga diperbaharui. Khusus untuk pasar Amerika Serikat, ini adalah kali pertama mereka menggunakan upside-down.

GSX-R 750 Spesification 1992
Overall Length: 2,070 mm (81.5 in)
Overall Width: 730 mm (28.7 in)
Overall Height: 1,135 mm (44.7 in)
Wheelbase: 1,440 mm (56.7 in)
Dry Weight: 208 kg (458 lbs)
Engine type: Water-cooled 749 cc inline-4, DOHC, 16 valves. 118 hp/11,500 rpm, 73 Nm/ 8,500 rpm.

GSX-R750 (WP) 1993

Nyaris tidak ada oerubahan kecuali tenaga mesin yang sedikit di upgrade.

GSX-R 750 Spesification 1993
Overall Length: 2,070 mm (81.5 in)
Overall Width: 730 mm (28.7 in)
Overall Height: 1,135 mm (44.7 in)
Wheelbase: 1,440 mm (56.7 in)
Dry Weight: 208 kg (458 lbs)
Engine type: Water-cooled 747 cc inline-4, DOHC, 16 valves. 118 hp (86.1 kW)/ 11,500 rpm, 78,46 Nm/ 9,500 rpm.

GSX-R750 (WR)

Pengurangan daya mesin dan bobot motor. Penggunaan upside-down berwarna biru.

GSX-R 750 SP Spesification 1994
Overall Length: 2,095 mm (82.5 in)
Overall Width: 730 mm (28.7 in)
Overall Height: 1,135 mm (44.7 in)
Wheelbase: 1,440 mm (56.7 in)
Dry Weight: 198 kg (436 lbs)
Engine type: Water-cooled 749 cc inline-4, DOHC, 16 valves. 118 hp (86.1 kW)/ 11,500 rpm, 78,46 Nm/ 9,500 rpm.

GSX-R750 1995

Menggunakan 6 piston kaliper rem, swing arm yang kebih kokoh dan ban belakang yang sedikit lebih lebar. SPR juga sekitar 10 kilo lebih ringan dari WP.

GSX-R 750 Spesification 1995
Overall Length: 2,110 mm (83.0 in)
Overall Width: 730 mm (28.7 in)
Overall Height: 1,135 mm (44.7 in)
Seat Height: 780 mm (30.7 in)
Wheelbase: 1,435 mm (56.5 in)
Ground Clearance: 130 mm (5.1 in)
Dry Weight: 199 kg (439 lbs)
Engine type: Water-cooled 749 cc inline-4, DOHC, 16 valves. 118 hp (86.1 kW)/ 11,500 rpm, 78,5 Nm/ 9,000 rpm.

Brosur Suzuki GSX-R750 tahun 1991

Bersambung…

Iklan

2 thoughts on “[History] GSX-R750 2nd Generation (1988 – 1995)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s