[History] GSX-R750 3rd Generation (1996 – 1999)

Setelah membahasa generasi ke 2, kita lanjut ke generasi ke-3 kerajaan GSX-R750. Dimasa ini, Suzuki benar-benar mendengarkan para fansnya dan membawa GSX-R750 kembali ke tempat tertinggi. Dengan chassis baru, mesin baru, karburator 39 mm dan power 128 hp.

GSX-R750 kembali ditargetkan untuk meraih mahkota Superbike menggunakan teknologi yang berasal langsung dari motor GP 500cc. Bahkan tampak seperti mesin yang digunakan RGV500 milik Kevin Schwantz  di Kejuaraan Dunia tahun sebelumnya.

GSX-R750 (T) 1996

Para 1996 GSX-R memperkenalkan sebuah frame twin-spar baru yang berasal dari Suzuki RGV 500 yang digunakan untuk GP. Perombakan mesin meliputi penggunakan magnesium sebagai penutup kepala cilinder, dinamo starter dan bak kopling. Perubahan ini mengakibatkan penurunan berat  sebesar 20 kg sampai 179 kg, sementara daya meningkat menjadi 118 bhp (88 kW). Model ini tahun akhirnya mengatasi masalah berat yang dialami GSX-R melalui paruh pertama 90-an.

GSX-R 750 Spesification 1996
Overall Length: 2,055 mm (80.9 in)
Overall Width: 720 mm (28.3 in)
Overall Height: 1,135 mm (44.7 in)
Seat Height: 830 mm (32.7 in)
Wheelbase: 1,400 mm (55.1 in)
Ground Clearance: 130 mm (5.1 in)
Dry weight: 179 kg (394.6 lbs)
Engine type: Water-cooled 749 cc inline-4, DOHC, 16 valves. 130.2 hp (95 kW)/ 11,500 rpm, 80 Nm/ 10,000 rpm.

GSX-R750 (V) 1997

Perubahan minor, hanya meliputi masalah aerodinamik

GSX-R 750 Spesification 1997
Overall Length: 2,055 mm (80.9 in)
Overall Width: 720 mm (28.3 in)
Overall Height: 1,135 mm (44.7 in)
Seat Height: 830 mm (32.7 in)
Wheelbase: 1,400 mm (55.1 in)
Ground Clearance: 130 mm (5.1 in)
Dry weight: 179 kg (394.6 lbs)
Engine type: Water-cooled 749 cc inline-4, DOHC, 16 valves. 128.7 hp (96 kW)/ 12,000 rpm, 82 Nm/ 10,000 rpm.

GSX-R750 (W) 1998

Pengenalan teknologi electronic fuel injection. Meningkatkan power sampai 134hp.

GSX-R 750 Spesification 1998
Overall Length: 2,055 mm (80.9 in)
Overall Width: 720 mm (28.3 in)
Overall Height: 1,135 mm (44.7 in)
Wheelbase: 1,395 mm (54.9 in)
Ground Clearance: 130 mm (5.1 in)
Dry Weight: 179 kg (394 lbs)
Engine type: Water-cooled 749 cc inline-4, DOHC, 16 valves. 135 hp (98.5kW)/ 12,000 rpm, 82 Nm/ 10,000 rpm.

GSX-R750 (X) 1999

Hanya sedikit perubahan grafis. Dan velg yang dibuat sedikit lebih lebar. Model 1999 ini juga mendapatkan gelar ‘sportbike of the year’ dari banyak media.

GSX-R 750 Spesification 1999
Overall Length: 2,065 mm (81.3 in)
Overall Width: 720 mm (28.3 in)
Overall Height: 1,165 mm (45.9 in)
Seat Height: 830 mm (32.7 in)
Wheelbase: 1,395 mm (54.9 in)
Ground Clearance: 130 mm (5.1 in)
Dry Weight: 179 kg (394 lbs)
Engine type: Water-cooled 749 cc inline-4, DOHC, 16 valves. 134 hp (97,8 kW)/ 12,000 rpm, 82 Nm/ 10.300 rpm.

Bersambung..

Iklan

4 thoughts on “[History] GSX-R750 3rd Generation (1996 – 1999)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s