Akhirnya Saya Punya Sekolah Digital Imaging dan Graphic Design Sendiri!


[T-Academy] Banner For Sign

Sudah sejak lama saya memimpikan untuk memiliki lembaga kursus sendiri. Terutama sejak saya memulai karir sebagai pengajar di Digital Studio cabang Grand Wijaya Jakarta Selatan, 5-6 tahun yang lalu. Dan hasrat ini semakin membesar sejak saya mulai mengajar di Hellomotion Academy, Tebet 2 tahun lalu. Hasrat tersebut akhirnya pecah saat saya membaca buku yang ditulis oleh pendiri Hellomotion Academy, Wahyu Aditya yang berjudul ‘Sila Ke 6 : Kreatif Sampai Mati’.

Buku tersebut bukanlah buku motivasi dengan gaya bahasa yang membuat kening berkerut. Namun buku yang menceritakan jatuh bangun seorang Wahyu Aditya ketika mendirikan Hellomotion Academy, KDRI dan Hellofest. Selain kisah perjalanannya, buku tesebut juga banyak memuat tulisan tentang berfikir kreatif di dunia yang fana ini.. Halah..

Nah, bermodalkan buku tersebut, nyali, sedikit pengalaman dan sedikit uang. Akhirnya saya bersama partner dan kakak saya, nekat membuat sekolah impian saya. Karena saya sudah memiliki usaha kecil di bidang fotografi, digital imaging, desain grafis dan desain web bernama TRAFFIK Creative maka sekolah impian saya-pun saya beri nama yang mirip. Yaitu, TRAFFIK Academy.

Tujuan saya mendirikan TRAFFIK Academy simpel. Yaitu ingin membuka lembaga kursus berkualitas di Tangerang Selatan khususnya Pamulang dan sekitarnya dengan biaya yang relatif murah dengan materi belajar yang mengikuti standar industri kreatif. Selain itu, berhubung saya adalah seorang praktisi dan bukan akademisi, maka saya membuat materi belajar yang ready-to-use dan bisa langsung digunakan di industri.

Kurikulum yang saya susun berdasarkan pengalaman saya di industri kreatif selama 10 tahun sampai hari ini. Maka dari itu, saya tidak menyususun materi yang bertele-tele atau yang hafalan. Namun, lebih kepada kurikulum yang bersifat praktek langsung dengan materi dan output standar industri kreatif. Tak lupa diselingi teori seputar industri kreatif seperti, dasar komunikasi & penyampaian pesan dalam desain grafis dan logika berfikir dalam digital imaging. Selain itu saya juga memberikan bimbingan karir untuk pemula seperti membuat portfolio dan memberikan kesempatan magang.

Print

Berdasarkan riset dan pengalaman saya, ada 3 program yang saya siapkan untuk para calon siswa. Yaitu program Retouching dan Digital Imaging (3 level) yang mempelajari tentang bagaimana memproses foto beauty, sampai menyatukan 2 foto atau lebih menjadi  1 output/karya, Graphic Design (2 level) dan program yang terakhir adalah program yang mungkin pertama dan satu-satunya di Indonesia saat ini, yaitu Product Digital Imaging (2 level) yang khusus mempelajari bagaimana memproses foto produk seperti gadget, makanan dan otomotif khususnya mobil.

Cathy Sharon for ELLE Indonesia

Contoh sederhana hasil akhir photo retouching untuk kepentingan majalah.

Contoh

Contoh hasil akhir photo retoching dan compositing. Model di foto distudio foto dan digabungkan dengan background menggunakan Photoshop.

Mengapa mobil? karena mobil adalah spesialisasi saya. Selain itu, seiring berkembangnya industri otomotif di Indonesia, kebutuhan akan tenaga digital imaging artist yang mengusai bidang otomotif semakin banyak. Sebagai informasi, automotive digital imaging atau digital imaging otomotif adalah salah satu bidang yang tidak banyak dikuasai oleh Digital Imaging artist di Indonesia. Karena spesialisasi ini membutuhkan pemikiran logis, detail dan inisiatif tinggi dalam setiap tahap pengerjaan. Dan kebutuhan tersebut saya rangkum dalam 2 level program belajar.

VW New Beetle

Salah satu contoh Digital Imaging Otomotif. Memproses foto mobil dan mengabungkannya dengan background yang juga hasil komposisi dari stok foto rolling door. (Foto pada bagian kiri atas adalah foto materi mentah)

Mercedez Benz ML350 1

Salah satu contoh Automotive Digital Imaging. Memproses foto mobil dengan memberikan beberapa efek yang dibuat manual agar tampilan mobil lebih cantik. (Foto di kiri atas adalah materi foto mentah)

Renault Megane RS - Redbull Edition 1

Contoh retouching ringan untuk materi majalah AutoExpert. (Foto di kiri atas adalah materi mentah)

TOYOTA AVANZA 2

Proses mempercantik foto mobil dan menggabungkannya dengan stock background. Foto ini digunakan untuk kepentingan promosi Toyota New Avanza. (Foto di kiri atas adalah foto mentah)

Selain materi belajar yang berlimpah, biaya pendidikan di TRAFFIK Academy termasuk yang termurah di Indonesia. Mulai dari Rp.600 ribu/level dan juga ada potongan sampai Rp.500 ribu. Biaya ini cukup murah dibanding lembaga kursus serupa di Jakarta yang mencapai Rp.3 juta per level program. Ini ditujukan agar mereka yang ‘pas-pasan’ juga bisa mendapatkan ilmu seputar industri kreatif  dengan materi yang bersaing dengan lembaga kursus yang lebih mahal dan tentunya tetap mengikuti standar industri kreatif.

Siswa sedang mendapatkan materi dasar seputar komunikasi pada desain grafis

Siswa sedang mendapatkan materi dasar seputar komunikasi pada desain grafis

Materi dasar Retouching & Digital Imaging. menyatukan objek foto dengan background

Materi dasar Retouching & Digital Imaging. menyatukan objek foto dengan background

Siswa Kelas Digital Imaging dan Graphic Design 2

Siswa sedang mengolah foto gadget di program Product Digital Imaging dengan standar periklanan. Mentor sengaja memilih model gadget lama, karena memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Untuk saat ini kelas yang tersedia hanya kelas reguler laptop. Yang dimana siswa diwajibkan membawa laptop sendiri. Namun jenis kelas yang tersedia bervariasi. Seperti kelas privat dan kelas corporate untuk perusahaan yang ingin mengembangkan kemampuan karyawannya. Pilihan waktu juga tersedia cukup banyak. Tersedia pilhan waktu Senin – Kamis atau Selasa – Jumat pukul 10.00 – 12.00, 13.00 – 15.00, 16.00 – 18.00 dan 19.00 – 21.00. Atau bagi mereka yang sibuk, tersedia juga pilihan waktu di hari Sabtu pukul 10.00 – 14.15 dan 15.00 – 19.15 (langsung 2 sesi).

Jika anda ingin informasi lebih lanjut, silahkan mampir ke www.traffikacademy.com.  Yuk, buruan.. Mumpung lagi ada diskon sampai Rp.500 ribu. (*)

Promo Kelas Digital Imaging dan Graphic Design

 

10 thoughts on “Akhirnya Saya Punya Sekolah Digital Imaging dan Graphic Design Sendiri!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s