Media Kampanyekan Road Safety sekaligus Promosikan Balap Liar dan Gaya Alay

Tabloid Motorplus. Foto : http://blognyamitra.wordpress.com/

Bukan sekali ini saja terjadi. Jika dulu salah satu media otomotif besar tersandung karena twit-nya. Kini media otomotif lain-nya pun melakukan hal yang sama. Walau bukan melalui media sosial, tapi dalam  artikelnya sendiri. Yang saya sesali adalah fakta bahwa media itu juga mengkampanye-kan keselamatan jalan melalui tag di ujung halaman-nya. Youth Action for Road Safety 2012.

Tidak ada yang salah dengan artikel dari tabloid MotorPlus Edisi 676/XII – 29 Februari – 07 Maret 2012. Saya melihat jurnalis yang menulis artikel itu menitik beratkan tulisan pada modifikasi Yamaha Mio tersebut. Tapi sayang sekali, jurnalis tersebut juga menjelaskan bahwa motor itu digunakan untuk balapan liar. Jurnalis seolah meng-halal-kan balapan liar dengan berbagi tips memenangkan balapan liar. Kemudian, foto yang dipajang juga foto yang haram bagi dunia Road Safety. Tanpa spion juga menggunakan ban cacingan yang jauh dari kata aman.

Mungkin motor tersebut tidak digunakan untuk harian. Entahlah.. Tapi tahukan anda efek dari foto dan artikel tersebut kepada pembaca? terutama ABG labil yang baru saja di belikan bapaknya motor?

Ada baiknya dalam foto tersebut di tambahkan tulisan sebagai peringatan. Misalnya, ” Adegan dalam foto tersebut dilakukan oleh profesional” atau semacamnya. Dan ada baiknya juga redaksi Motorplus tidak menyindir soal balap liar. Atau kalau mau lebih ekstrim, motor alay kelas balap liar macam itu tidak usah di liput. Masih banyak bahan berita yang lebih berkualitas.

Yah.. jargon yang dikampanye-kan Motorplus sepertinya tidak mampu di jalankan oleh Motorplus sendiri. (*)

Iklan

6 thoughts on “Media Kampanyekan Road Safety sekaligus Promosikan Balap Liar dan Gaya Alay

  1. kalau gak suka ya gak usah di baca,,
    itu artikel memang di buat untuk yang suka gituan,, kalo lu gak suka ya gak usah dibaca toh??
    karena modifikasi itu tidak hanya 1 aliran !!
    ada banyak aliran termasuk modifikasi aliran spt motor lu yang terlalu berlebihan,, ada juga seperti di tabloid yang simpel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s