Belajar Tentang Keselamatan Jalan Bersama Upin & Ipin

Sebelum saya berangkat kerja, saya menyempatkan sejenak menonton TV bersama si kecil. Acara yang saya tonton adalah Upin & Ipin yang di putar di MNC TV. Saya memang menggemari tayangan ini sejak lama karena nilai-nilai positif yang ditanamkan. Dan memiliki kesimpulan, bahwa tayangan ini memang layak di tonton anak dibawah umur sebagai sarana membentuk mindset yang cerdas.

Di edisi kali ini ada poin penting yang harus di ambil dari cerita Upin & Ipin. Walau ada sedikit promosi yang di selipkan. Ceritanya, Kak Saleh membeli sebuah mobil baru yaitu Proton Exora. Sebuah MPV produksi Malaysia. Lalu datanglah Upin & Ipin bersama teman-temannya meminta untuk diajak jalan-jalan. Akhirnya Kak Saleh men-iya-kan permintaan anak-anak itu.

Kak Saleh dengan mobil barunya

Kak Saleh dengan mobil barunya

Ketika naik diatas mobil, Kak Saleh menyuruh anak anak tersebut menggunakan seatbelt (sabuk pengaman). Cara menggunakan seatbelt pun di jelaskan dengan detail. Dalam adegan ini mengajarkan bahwa seatbelt menjadi hal penting ketika kita berada diatas mobil. Tak hanya itu, Kak Saleh juga menyuruh anak anak menggunakan seatbelt walau duduk di jok paling belakang. Karena memang, penumpang yang duduk di jok belakang juga tak akan luput dari cidera parah jika terjadi kecelakaan. Sebuah hal yang sering diremehkan penumpang mobil.

Ipin tidak paham cara menggunakan seatbelt

Setelah diajari, Ipin baru tahu cara menggunakan seatbelt yang aman

Tetap pakai seatbelt walau duduk paling belakang

Setelah itu, ketika berhenti di perempatan, Kak Saleh menjelaskan fungsi dan arti warna merah, kuning dan hijau pada lampu lalu-lintas. Anak-anak tersebut mengerti bahwa merah berarti berhenti, kuning bersiap-siap dan hijau baru berarti jalan. Kedengarannya sederhana, namun apa yang diajarkan tersebut bisa menyelamatkan banyak nyawa.

Kak Saleh menjelaskan arti warna di lampu lalu-lintas

Hijau, baru jalan.... Eh.. ada yellow box junction-nya loh..

Walau diselingi promosi, namun saya melihat nilai positif dari promosi tersebut. Produk yang di gunakan adalah produk kebanggaan Malaysia. Produk karya anak Malaysia yang sudah dikenal di penjuru dunia.

Iklan

Iklan Proton Exora

Sungguh cerdas cara Malaysia menjelaskan dan mengajarkan keselamatan jalan pada anak-anak. Melalui cerita ringan dalam kehidupan sehari-hari, Pemerintah Malaysia melalui LesCopaque sebagai perusahaan animasi yang mengerjakan film ini, menyelipkan pemahaman keselamatan berkendara dalam film tersebut. Dan pastinya diharapkan mampu menembus pikiran bawah sadar anak-anak dan menjadi kebiasaan positif bagi mereka kelak.

Bagaimana dengan Indonesia? Sementara Malaysia sudah selangkah lebih maju dengan memasukkan unsur keselamatan jalan dalam tayangan anak-anak, sepertinya kita masih betah memproduksi sinetron murahan yang tidak mendidik. Dan sementara anak-anak di Malaysia sudah di cekoki pemahaman keselamatan jalan, kita di Indonesia masih ribut soal menyalakan lampu sepeda motor di siang hari.

Ayo Indonesia! Jangan mau kalah sama negara serumpun! (*)

Iklan

7 thoughts on “Belajar Tentang Keselamatan Jalan Bersama Upin & Ipin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s