Logo Baru Otoblogger Indonesia (OBI)

Otoblogger Indonesia atau dikenal dengan singkatan OBI, sebagai komunitas blogger otomotif ini didirikan sebagai wadah berhimpun para blogger yang tidak melulu bicara otomotif tetapi juga menyebarkan informasi yang transparan dan kepekaan pada sekitar. Komunitas yang diresmikan pada 1 Maret 2011 ini akhirnya pada hari ini, 1 Oktober 2011, dengan resmi mengumumkan logo baru komunitas Otoblogger Indonesia. Dengan harapan, logo ini dapat membawa perubahan positif bagi OBI, juga bagi masyarakat yang dekat dengan OBI-wan dan blognya.

Entah disengaja atau tidak kedua momen tersebut selalu bertepatan dengan momen korps ‘ijo royo-royo’. Tengok saja peristiwa launching komunitas OBI pada 1 Maret 2011 yang lalu, ini bertepatan pada peristiwa bersejarah Serangan Umum 1 Maret pada 62 tahun yang lalu. Sedangkan pada momen peluncuran logo komunitas OBI juga bertepatan pada hari Kesaktian Pancasila pada 46 tahun yang lalu.

Kembali ke disain, untuk konsep dan falsafah logo dirembukkan oleh seluruh OBI-wan (sebutan untuk anggota OBI). Namun, untuk ide ‘OBI-wan menggunakan helm’, dicetuskan oleh Bro Saranto. Dan sayalah yang akhirnya merangkum semua ide tersebut dalam sebuah layout disain. Proses mengumpulkan ide, diskusi, layout sampai final memakan waktu sekitar 2 bulan. Adapun falsafah dari logo tersebut adalah :

  • OBI-wan menggunakan Helm : Ini adalah ide yang dicetuskan oleh Bro Saranto. Walau terkadang jahil dan nakal, OBI-wan dalam kesehariannya tetap berusaha mengutamakan keselamatan dan patuh pada peraturan yang berlaku.
  • Balon kata : Mewakili ekspresi anggota Otoblogger Indonesia baik melalui suara, tulisan, bahkan kegiatan OBI sendiri.
  • Tidak ada sudut di balon kata : Cerminan bahwa  Otoblogger Indonesia tidak kaku dan tidak kebal kritik.
  • Siluet cahaya matahari di balon kata : Artinya bahwa Otoblogger Indonesia melalui blog para anggotanya dan kegiatan OBI sendiri selalu berusaha memberikan pencerahan kepada pembaca dan masyarakat.
  • Safety line : Bahwa anggota OBI selalu berkespresi dalam koridor peraturan dan hukum yang berlaku.
  • Merah Putih : Otoblogger Indonesia bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia

Sedangkan arti logo tersebut secara keseluruhan adalah, OBI-wan sebagai sebagian kecil dari blogger otomotif di Indonesia dengan tingkah yang terkadang jahil  tetap berusaha memberikan pencerahan melalui tulisannya dan kegiatannya. Juga selalu menjaga tindak tanduknya tetap dalam koridor hukum yang berlaku. Dan dalam keseharian OBI sendiri, OBI-wan membuka diri terhadap kritik yang masuk. (*)

Iklan

5 thoughts on “Logo Baru Otoblogger Indonesia (OBI)

  1. Ping balik: Komunitas Otoblogger Indonesia,… tampil dengan logo baru …!!! « Rudi Triatmono Personal Blogs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s