[PERINGATAN] Inilah Alasan Mengapa Dilarang Menggunakan Ponsel di Area SPBU

Banyak orang masih menganggap larangan menggunakan ponsel di area Stasiun pengisian bahan bakar adalah hal yang aneh. Padahal, aturan itu di buat bukan tanpa penelitian. Sinyal radio yang dihasilkan ponsel akan bergesekan dengan udara dan gesekan tersebut dapat menyulut uap bensin yang terlepas ke udara dan menyebabkan kebakaran.

Tidak percaya? Perhatikan percobaan sederhana berikut ini :

Dan simak CCTV dari sebuah stasiun pengisian bahan bakar di luar negri.

Tidak bisa membuka video tersebut? ini gambarnya.

Berikut informasi yang saya dapatkan dari web Batam Beat Community:

Supaya paham maka saya menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Hukum Maxwell yang ketiga atau sama saja dengan Hukum Faraday tentang medan elektromagnetik yang melewati sebuah permukaan konduktor loop tertutup.

Hukum tersebut menyatakan bahwa, curl dari medan elektrik di sebuah loop sama dengan jumlah fluks magnet yang melewati permukaan loop tersebut selama perioda waktu tertentu. Dengan kata lain apabila ada gelombang elektromagnet yang melewati sebuah permukaan loop maka akan muncul sebuah tegangan atau EMF (Electromotive Force) sehingga dapat menimbulkan arus listrik di loop konduktor tersebut. Mungkin teman – teman juga pernah melihat fenomena ini, dulu sangat populer sekali yang namanya alat pereduksi radiasi yang ditempelkan di belakang handphone anda, yang berupa lampu, jadi ketika ada pesan masuk atau telepon maka lampu tersebut akan menyala. Yap, itu lah suatu contoh betapa besarnya gelombang elektromagnet yang dipancarkan sehingga dapat menyalakan lampu tersebut.
Bayangkan apabila gelombang elektromagent tersebut melewati sebuah permukaan dari konduktor loop tertutup seperti skema diatas, maka akan timbul arus di konduktor loop tersebut. Namun yang menjadi masalah adalah apabila konduktor tersebut bukan lah loop yang sempurna, melainkan ada sebuah celah kecil berukuran milimeter di sebuah loop tersebut. Hal ini akan menimbulkan beda tegangan antara 2 ujung loop tersebut, sehingga dapat menimbulkan lompatan elektron atau bunga api di loop tersebut, dan bayangkan bila hal tersebut tepat mengenai uap bensin yang ada, BOOM !.

Masih ingin bermain-main dengan larangan tersebut? (*)

Iklan

10 thoughts on “[PERINGATAN] Inilah Alasan Mengapa Dilarang Menggunakan Ponsel di Area SPBU

  1. wow…
    tapi di video CCTV, itu karena si pengguna HP menjadikan HPnya sebagai senter buat liat isi tangki…ya walopun kecil, tapi di HP tetep ada pemicu api yg menyulut gas di dalam tangki…

    video percobaannya, ya walopun agak ragu…tapi ya..HP ketika ada panggilan masuk/keluar, dia mengeluarkan radiasi…

    so, better not to try deh :mrgreen:

  2. tp kenapa kok di indonesi belum ada kasus kebarakan pom bensin karena hp ?
    apakah sinyal hp disini berbeda dengan luar negeri ?
    sebelum disebarkan, coba anda sendiri yang mencoba seperti di video. apakah hasilnya sama ?

    • apakah harus ada kejadian kebakaran POM bensin dulu agar kita patuh terhadap aturan diatas? kalau perusahaan sebesar Pertamina, apa lagi SHELL sudah mengeluarkan aturan tersebut, berarti mereka telah melakukan penelitian tentang hal tersebut.. Tidak mungkin Pertamina atau Shell membuat aturan tanpa penelitian dan pertimbangan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s