Belajar Mobil 3x Dijamin Bisa? Marketing Bodoh Apalagi Ini?

Foto ini sudah saya dapatkan sejak beberapa bulan lalu ketika sedang pergi bersama istri.

Perhatikan foto diatas. Foto sebuah mobil milik sekolah mengemudi di daerah Serpong, Tangerang. Awalnya tidak ada yang aneh saat saya melihat mobil ini berjalan agak pelan di daerah Serpong. Saya pikir hanya sebuah mobil belajar yang sering terlihat di Jakarta dan sekitarnya. Tapi ketika saya mendekat, saya sedikit tersenyum membaca tulisan yang terpampang di kaca belakang mobil itu.

3x Dijamin Bisa

Memang mengendarai sebuah kendaraan di negara ini seakan telah menjadi kebutuhan pokok, dan tak sedikit yang menganggap itu sebuah gengsi. Para pemilik sekolah menyetir-pun berlomba-lomba merebut pangsa pasar ini dengan berbagai cara. Salah satunya dengan promosi ‘Cepat Bisa’ ini. Namun tidak sedikit dari para pemilik sekolah mengemudi ini yang melupakan faktor lain dalam hal keselamatan berkendara. Mereka sepertinya hanya mengutamakan skill dalam setiap materi pengajarannya.

Tiga kali memang bukan waktu yang lama untuk seseorang mampu menjalankan sebuah mobil. Saya-pun mengakui itu. Saya yang sudah cukup lama mengendarai motor kopling hanya butuh 2 kali latihan saja untuk mampu mengendarai sebuah mobil. Namun saya menyadari, yang saya kuasai hanya semata skill. Yang menjadi pertanyaan, apakah siswa dari sekolah mengemudi ini mendapatkan 2 faktor lain yang menunjang keselamatan berkendara dalam waktu 3 kali belajar?

Segitiga RSA yang menjelaskan hubungan antara Rules, Skill & Attitude

Apa saja 2 faktor lain itu? Rules dan Attitude. Yaitu pemahaman akan aturan berlalu lintas dan pemahaman tentang sopan santun berkendara. Saya yakin, 3 kali latihan tidak cukup untuk membuat seseorang layak untuk mengoperasikan sebuah kendaraan di jalan raya. Perlu pendalaman materi lagi tentang aturan dan santun berkendara. Dan yang terpenting, perlu ada turun tangan aparat Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk membuat sebuah materi belajar berkendara yang wajib diberlakukan kepada semua sekolah mengemudi di Indonesia yang mencakup Skill, Rules & Attitude.

‘3x Dijamin Bisa’.. Bisa nabrak? Bisa nyerempet orang? Atau bisa membunuh orang? Sebuah solusi marketing yang bodoh! (*)

Iklan

22 thoughts on “Belajar Mobil 3x Dijamin Bisa? Marketing Bodoh Apalagi Ini?

  1. Hahahaha mas senyum sendiri aku liat artikel ini. Soalnya tempat daftar kursus mobil diatas pas berada di belakang rumah saya, Saya sering lihat mobil ini disitu dengan stiker yang sama persis “3X dijamin bisa” dan “ojodumeh” dengan jenis dan warna yang sama persis saya yakin ini tempat kursus mobil memang yang ada di dekat rumah saya.

    Biasanya sih yang kursus disitu ibu-ibu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s