Ketika Naluri ‘Memperkosa’ BMW Seri 3 Telah Keluar

Kali ini saya  ingin mencoba menampilkan hasil karya saya yang lain. Yaitu BMW Seri 3 in Action. Pada project kali ini, saya kembali menggabungkan objek mobil dengan background. Sebenarnya mobil ini di foto untuk keperluan BCA dalam promosi Gebyar Tahapan BCA. Namun keteika pekerjaan ini selesai, dan file mobil disimpan dalam CD, saya merasa terlalu sayang jika mobil sebagus ini hanya dibuatkan background berwarna putih. Maka dari itu naluri Digital Artist saya  keluar untuk ‘memperkosa’ foto ini.Karena background perkotaan atau jalan raya sudah saya anggap biasa, maka saya mencoba menggabungkannya dengan background yang sedikit lebih modern. Namun kesulitannya, adalah mencari objek modern di kota Jakarta. Tak seperti di luar negri macam Jerman atau Amerika yang memilik banyak bangunan futuristik. Untuk mengatasi masalah tersebut, saya akhirnya menggunakan foto interior dari sebuah airport di Indonesia, dan saya modifikasi sedikit.

Materi background dan mobil BMW yang masih mentah.

Mengerjakan projek ini tidak membutuhkan waktu lama. Namun jika menginginkan hasil yang lebih maksimal, perlu waktu yang lebih banyak untuk me-retouch mobilnya saja agar ‘looks beauty‘. Untuk membuat mobil tampak cantik, setidaknya membutuhkan waktu 4 sampai 12 jam. Tergantung jenis mobil, warna dan hasil akhir yang di inginkan. Hasil akhir yang dimaksud adalah, pengerjaan sesuai konsep agar nantinya mobil terlihat glossy, doff, neon effect atau lainnya.

Proses mengerjakan mobil harus sabar. Banyak layer yang harus dibuat.

Setelah mobil selesai di retouch, barulah kita menggabungkannya dengan materi background. Selain menyesuaikan angle dan perspektif, kita juga harus menyesuaikan warnanya agar tampak blending dengan backgroundnya. Jadi bukan asal tempel. Perlu ada penyesuaian.

Atas permintaan Photographer, foto mobil saya flip agar menghadap ke kiri. Dan ban saya ganti dengan materi ban yang dalam posisi lurus.

Hasil akhir dari proses menjahit objek dan background.

Maaf jika saya tidak bisa menjelaskan prosesnya secara detail karena keterbatasan waktu. Namun jika ada yang berminat untuk belajar, mungkin bisa membuat janji dengan saya. (*)

Iklan

8 thoughts on “Ketika Naluri ‘Memperkosa’ BMW Seri 3 Telah Keluar

  1. Ajib!
    Ini kah nama ny kecanggihan era digital.

    Next ajarin edit photo orang yg asli ny item brjerawat jdi putih mulus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s