Alay adalah..

Sebagian orang berpendapat, Alay adalah sebuah generasi masa kini dengan gaya yang lebih buruk dibanding noraknya generasi tahun 1980-an. Selain dengan gaya sok Emo ala band rock barat, plus rambut dengan model ‘depan tidur, belakang tegang’, belom lagi celana panjang yang ngeperes di betis. Yang lebih nge-gemesin lagi, gaya menulis mereka (baik di sms, facebook atau dimanapun) terlalu kreatif, dengan bahasa lain sangat memuak-kan untuk dibaca. Misalnya : Saya Online disini ya.. Dengan kreatif alay mampu menulis dengan gaya mereka : Saiia onleendd dicinnih eaa.. Namun kriteria yang orang sebutkan tentang deskripsi alay bisa anda baca di sebuah blog yang saya temukan disini.

Namun bagi saya, Alay atau apapun namanya, hanya sebuah simbol generasi. Saya pernah melihat gaya dandanan kakak saya yang tumbuh di era 80-an. Dengan seragam SMA yang dibuka sampai dada, celana baggy, dan model rambut yang ga jelas. Berbeda dengan saya yang tumbuh di era 2000-an. Pada masa SMA, generasi pada masa ini suka memakai celana seragam SMA yang lebar lebar. Sampai kadang untuk mendapatkan lebar yang maksimal, ada yang rela menyobek jahitan celananya pada bagian bawah. trus pernah lihat generasi ska/punk? dengan celana ngatung ga jelas? kemeja pantai? hahahaha… Jika kadang saya mengingat masa masa itu, kadang saya tertawa. Betapa ‘alay’-nya saya dulu.. So, atas dasar itu saya menganggap, apa yang banyak orang sebut alay hanyalah simbol sebuah generasi. Dan alay ada di setiap generasi.

Kakak saya ketika SMA

Tebak, saya yang mana?

Namun saya punya deskripsi khusus untuk apa yang disebut ALAY. Alay adalah para pengacau jalanan. Ya, PENGACAU!! Jujur, saya sangat membenci para pengacau jalanan ini. Mereka sangat banyak ditemui di jalanan. Para pengacau ini biasanya bersepeda motor, maaf, kebanyakan matic, menggunakan ban kecil yang sejujurnya lebih layak untuk sepeda. Kemudian sikap tidak disiplin mulai dari tidak pakai helm sampai menerobos lampu merah, suka berkendara sambil bergerombol dijalanan tanpa peduli hak orang, cara berkendara yang buruk (udah tau matic, masih aja di geber-geber tuh motor) dan yang kadang sangat mengganggu pengelihatan saya, mereka sering sekali membonceng wanita bercelana sangat pendek atau hot pants (wow).

Segerombolan pengacau di perempatan Eka Hospital BSD

Santai di tengah jalan..

Tulisan ini saya buat bukan untuk menyudutkan seseorang atau komunitas tertentu. Namun ini adalah jeritan hati saya tentang rendahnya displin dan santun para pengguna jalan. Sampai ada teman saya yang menge-cap saya sebagai pembenci matic. Tapi saya jelaskan sekali lagi. Saya HANYA benci kepada pengacau jalanan, yang jauh dari sikap santun dijalan.

Namun kadang saya bercermin, ketika saya berkendara, atau ketika saya sedang dalam rombongan turing, atau kita yang memiliki motor dengan box box jumbo. Pernahkah kita bertanya, “adakah saya menyakitkan perasaan orang lain dijalan?” atau “adakah saya bersikap lebay dijalanan?” maka dari itu, marilah kita bercermin, terutama saat berada dijalan raya. Jauhi sikap arogan, sombong, lebay, norak, kampungan ketika berada di aspal. Supaya kita tidak di-cap ALAY JALANAN.

Pokoghna kamyu jangean jeadi baikers eang llebeay ea… Loh?

Iklan

9 thoughts on “Alay adalah..

  1. Ping balik: Lagi, pembunuhan di jalan raya. | MotorBirunya Igfar

  2. Ping balik: Anak Klub = Alay? | MotorBirunya Igfar

  3. benthoel browh.. makin banyak alay di djaman sekarang.. apalagi harga motor bekas makin murah..

    alay kudu di basmi caranya : pake motor laki pasangin engine + hand guard. tinggal pepetin / aduin ajah setangnya ke motor si alay, ntar kalo si alay jatoh, buruan kaboerrr jangan ampe kekejar krn alay bisanya maen keroyokan 😆 (becanda, don’t try this at the road) 😳

  4. Sama dengan Anda saya juga benci dengan Bikers Alay. Di jalan besar depan rumah saya juga ada bikers spt yg om sebutkan tapi kadang2 motornya bebek dengan sok jagonya mereka ngebut sambil pamer kebisingan dan nyelip2 diantara mobil & bis tanpa pelindung apapun! Saya cuma bisa mikir dalam hati “gimana coba mereka bisa seberani gitu padahal kan nyawanya cuman 1” dan berharap kalo suatu hari mereka akan tahu akibatnya dan membuat bikers alay lainnya bener2 tobat & insaf atas kelakuannya. Setuju?

  5. kalo menurut sy alay itu malah yg pake motor batangan modif turing dikemacetan jalanan. full box kiri kanan belakang. itukan bisa dicopot. kalo lg dikota ya copot aja. kadang sampe ngalangin sempitnya celah antar kendaraan. sy pengguna motor bebek dan sesekali jg tuker pake dgn matic. ga semua matic itu alay.

  6. Ping balik: Pusing Lihat Seragam SMA yang Baru? Nostalgia Waktu Kita Masih Berseragam Putih Abu-abu Aja, Yuk! | Avatar IT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s