Photoshop Tutorial (Dasar Logika)

Kesempatan posting kali ini saya mau bagi-bagi ilmu. Ini adalah dasar dari beberapa ilmu photoshop. Yaitu menyatukan objek dan background. Perlu di ingat, menyambungkan objek dan background bukanlah sekedar ‘menempelkan’ 2 foto berbeda. Seorang seniman digital juga harus menguasai teknik logika perspektif, lighting dan color. Sebagai info, saya menggunakan Photoshop CS 3.

Kali ini, yang saya mau sambungkan adalah objek Mercedes Benz S350 dengan background terowongan. Materi dan hasil akhir bisa dilihat dibawah ini.

Portfolio

Tahap pertama yang saya kerjakan adalah menyiapkan file background-nya.

Pada tahap ke 2. Saya mulai menyamakan perspektif backgroundnya dengan objek yang akan di pasangkan. Kemudian saya memberi effect radial blur pada background (Filter > Blur > Radial Blur. Pilih option zoom dan tentukan titik ujung zoom tersebut).

Tahap berikutnya adalah memberikan shadow pada dasar objek. Banyak cara untuk membuat shadow. Bisa dengan brush atau dengan masking. Masking akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya. Perlu di ingat, membuat shadow atau bayangan tidak semudah yang dibayangkan. Tidak mudah bukan dalam hal teknis. Tapi membuat shadow agar tampak real. Mungkin anda perlu mencari referensi di internet dengan angle yang sama dan jika memungkinkan dengan kondisi yang sama. Saya menganjurkan www.carwalls.com untuk mecari referensi.

Memutar velg dan ban agar terlihat real berputar bisa dilakukan dengan mengkopi bagian ban, kemudian berikan effect blur pada ban tersebut (filter > blur  > radial blur. Pilih mode spin dan tentukan amount-nya).

Tahap berikutnya adalah memberikan refleksi background pada objek. Terutama bagian kaca dan body. Tahap ini bisa dilakukan dengan memotong bagian background dan menempelkannya pada bagian objek. Ini pun perlu refernsi. Karena bagian2 mobil tidak selamanya rata. Jatuhnya refleksi pada bagian mobil tidak seperti refleksi pada cermin.

Selain itu saya juga menyalakan lampu mobil yang tadinya mati. Bagai mana caranya? mudah saja. Saya hanya menggunakan brush. Perlu diingat lagi, saya juga melihat referensi agar tampak real.

Tahap yang terpenting adalah menyamakan tone atau warna mobil dengan background agar objek tidak terlihat seperti tempelan atau asal nemplok. Saya meng-ingin-kan kondisi lighting yang real. Yaitu, pada umumnya lampu jalan berwarna kuning. Namun bisa saja kita menggantinya dengan warna hijau atau pink sekalipun.

Caranya bisa menggunakan color balance (image > adjustment > color balance) atau banyak cara lain semisal dengan curves atau hue/saturation.

Teknik akhir dari proses ini biasa di sebut finishing tone. Saya menambahkan kontras (image > adjustment > brightness/contrast) pada foto dan men-setting warna keseluruhan.

Materi yang saya bagikan ini memang belum detail pada penguasaan tool photoshop. Namun lebih pada dasar dasar logika. Karena teknik sejago apapun tanpa penguasaan logika yang baik akan menjadi percuma. Dan perlu anda ketahui, setiap Digital Artist mempunyai cara kerja yang berbeda-beda. Anda bisa menemukan cara kerja anda sendiri nanti.

Selamat mencoba..!!

Iklan

4 thoughts on “Photoshop Tutorial (Dasar Logika)

  1. mas bro posting lagi donk, tentang tutorial photoshop yang lain, saya juga pengen bisa ngedit foto lebih keren lagi..

    makasih sebelumx

    ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s